Kamis, 10 November 2011

SEA Games XXVI Saatnya Kembalikan Kejayaan Indonesia


Indonesia sudah cukup lama.Predikat raja olahraga di Asia Tenggara. Kini, kesempatan terbaik untuk mengembalikannya telah datang lewat SEA Games XXVI.

Terakhir kali Indonesia merajai SEA Games adalah pada tahun 1997 saat pesta olahraga terakbar di kawasan ASEAN itu digelar di Jakarta. Saat itu, Indonesia berhasil merebut total 194 medali emas, 101 perak, dan 115 perunggu.

Namun, setelahnya, prestasi 'Merah Putih' menunjukkan penurunan. Bahkan, pada tahun 2005, saat SEA Games digelar di Manila, Indonesia cuma menempati peringkat kelima dari 11 negara peserta.

Tahun ini, SEA Games akan kembali dipanggungkan di Indonesia. Dengan status tuan rumah plus dukungan publik tanah air, inilah saat terbaik untuk mengembalikan kejayaan kita.

"Ini event internasional yang sangat penting. Saya pikir ini harus kita jadikan momentum kebangkitan prestasi olahraga Indonesia," ucap Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng, di Gelora Sriwijaya, Palembang, Kamis (10/11/2011).

"Kita negara paling besar di ASEAN. Sudah waktunya kita bangkit lagi dalam bidang olahraga," tambahnya.

"Olahraga kita memang sempat terpuruk setelah krisis ekonomi tahun 1998. Bahkan, rangking kita sempat merosot ke rangking 5 di SEA Games. Tapi, alhamdulillah kita bangkit kembali. Tahun 2007 kita rangking 4, tahun 2009 rangking 3," papar pria berkumis tebal ini.

"Sekarang, kita mau melompat dari rangking 3 langsung ke rangking 1. Yang penting, kita tekadkan dulu, optimis dulu. Kerja keras. Setelah kerja keras, baru hasilnya kita serahkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa," tandasnya.

SEA Games XXVI digelar di Jakarta dan Palembang. Event ini akan dibuka secara resmi oleh Presiden Bambang Yudhoyono pada Jumat (11/11/2011) malam di Gelora Sriwijaya, Jakabaring Sports City, Palembang

0 komentar:

Posting Komentar